AKADEMIK

KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmaanirrohiim


Dengan memanjatkan puji syukur kepada Alloh SWT karena atas rakhmat dan karunia-Nya kami telah dapat menyusun Program Tahunan Kegiatan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal 
Hanya dengan Rahmatnya Alhamdulillah kami dapat menyusun Program Kerja Wakamad Bidang Akademik  MTs NU 03 Al Hidayah Kendal untuk tahun 2022/2023.


Kami berkeyakinan bahwa setiap kegiatan  tanpa perencanaan hasilnya tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami berusaha membuat program rencana setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja ini.
Terwujudnya Program Kerja Bidang Akademik MTs NU 03 Al Hidayah Kendal ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan dari Bapak Kepala, Kasi Dikmad, Bapak Pengawas, untuk itu kami haturkan  banyak terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya.

Akhir kata, semoga Program Kerja Bidang Akademik yang kami susun ini bermanfaat bagi  MTs NU 03 Al Hidayah Kendal pada khususnya dan umumnya bagi madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat ibadah guna menggapai Mardatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat serta jadi tumpuan masyarakat.
Hanya kepada Allah jualah menyerahkan segala urusan.


Kendal,    Juli 2022

Waka. Bidang Akademik


BAB I

PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Dinamika pendidikan di Indonesia dewasa ini mengalami perubahan yang sangat signifikan baik secara akademis maupun teknis penyelenggaraan pendidikan, sehingga para pelaksana pendidikan di tuntut untuk lebih meningkatkan kemampuannya agar tujuan pendidikan baik secara lokal maupun secara global tercapai dengan baik

MTs NU 03 Al Hidayah Kendal merupakan salah satu institusi pemerintah yang secara langsung melayani masyarakat yang membutuhkan di bidang pendidikan. Pelayanan pendidikan senatiasa ingin selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat sehingga keberadaan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Berbagai macam persoalan dalam dunia pendidikan seperti kurangnya tenaga pengajar baik secara kwalias maupun kuantitas, kurangnya sarana prasana dan banyak lagi komponen-komponen guna terwujudnya dunia pendidikan yang ideal. Namun demikian optimalisasi komponen yang ada dan dimiliki menjadi salah satu jalan keluar yang harus dilakukan oleh setiap komponen pendidikan.

Proses Belajar Mengajar (PBM) merupakan kegiatan pokok dalam dunia pendidikan yang dikelola dan oleh bidang kurikulum dan didukung oleh komponen lain yang tidak bisa terpisahkan. Dengan daya dukung yang dimiliki, MTs NU 03 Al Hidayah Kendal mencoba menyusun program kerja bidang kurikulum untuk tahun pelajaran 2022/2023.

B. DASAR PEMIKIRAN

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

  2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah; 

  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;

  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah; 

  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 

  6. Kalender Pendidikann MTs NU 03 Al Hidayah Kendal Tahun Pelajaran 2022/2023

  7. Rapat Tenaga Pendidik dan Kependidikan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal, 12 Juli tahun 2022 tentang pembagian tugas mengajar dan tugas-tugas lain


BAB II

VISI, MISI dan TUJUAN

       Undang–Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan Pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan manusia Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan mempunyai budi pekerti yang luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani, dan jasmani, keterampilan dan pengetahuan, dan mempunyai rasa tanggung jawab untuk bangsa dan bermasyarakat.

A. VISI  MADRASAH 

Visi

Profil madrasah yang diinginkan di masa datang, tertuang melalui tujuan yang ingin dicapai oleh Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal, dengan rumusan visi madrasah sebagai berikut :

“TERWUJUDNYA LULUSAN BERKUALITAS DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”

Indikator Visi :

1. Unggul di bidang Saint dan Teknologi 

2. Unggul di bidang agama dan keagamaan 

3. Unggul di bidang keyakinan ahlusssunah wal jama’ah Annahdhiyah

4. Unggul di bidang pembiasaan

5. Santun dalam sikap dan perilaku

6. Unggul di bidang Akademik dan non akademik 

7. Manajemen madrasah yang efektif dan efisien 

8. Maju prasarana dan sarana pendidikan

9. Terwujudnya kuantitas, kualitas dan loyalitas terhadap NU

B. MISI MADRASAH

Untuk mewujudkan visi, Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal merumuskan beberapa misi madrasah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dibidang Saint dan Teknologi 

  2. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dibidang agama dan keagamaan 

  3. Melaksanakan pendidikan, pengajaran aqidah dan amaliah sesuai dengan paham ahlussunahwal jama’ah Annahdliyah

  4. Mengembangkan kegiatan pembiasaan berakhlakul karimah di lingkungan madrasah

  5. Melaksanakan kegiatan Bimbingan untuk mendorong tumbuhnya bakat dan minat siswa

  6. Mewujudkan manajemen madrasah yang efektif untuk menunjang proses pembelajaran

  7. Meingkatkan sarana dan prasana pendidikan

  8. Meningkatkan kemampuan Tenaga Pendidik dan Kependidikan agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang baik

  9. Meningkatkan kuantitas, kualitas dan loyalitas kader NU

C. TUJUAN MADRASAH

Kurikulum MTs NU 03 Al Hidayah Kendal  disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidkan di MTs NU 03 Al Hidayah Kendal  yang mencakup pengembangan potensi yang ada di lingkungan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal  dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis, memelihara budaya daerah, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi iman dan takwa kepada Allah SWT.

Tujuan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal  Kecamatan Kendal Kota Kabupaten  Kendal   adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Iman dan Taqwa seluruh warga madrasah;

  2. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dibidang Sait dan Teknologi 

  3. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dibidang agama dan keagamaan sesuai dengan paham ahlussunahwal jama’ah

  4. Mengembangnya  kegiatan pembiasaan berakhlakul karimah di lingkungan madrasah

  5. Menyusun dan mengembangkan RPP kelas 7, 8, dan 9 untuk semua mata pelajaran;

  6. Mengembangkan profesionalisme dan kopetensi tenaga pendidik dan kependidikan;

  7. Mengembangkan strategi pembelajaran;

  8. Mengembangkan bahan dan sumber pelajaran;

  9. Mengembangkan strategi penilaian;

  10. Mengembangkan pola pembelajaran;

  11. Mengembangkan media pembelajaran;

  12. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan;

  13. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif;

  14. Mengembangkan standar pencapaian ketuntasan belajar;

  15. Meningkatkan KKM secara proporsional;

  16. Meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademik dan non akademik;

  17. Mengembangkan perangkat administrasi madrasah;

  18. Melaksanakan supervisi dan monitoring oleh kepala madrasah;

  19. Mengembangkan madrasah menuju tercapainya Standar Pelayanan Minimal (SPM);

  20. Menggalang partisipasi masyarakat;

  21. Mengembangkan jaringan informasi akdemik di internal madrasah;

  22. Memberdayakan potensi madrasah dan lingkungan;

  23. Melaksanakan jaringan kerja secara vertikal dan horizontal;

  24. Mengembangkan  jalinan kerja dengan penyandang dana;

  25. Menciptakan usaha-usaha di lingkungan madrasah dan sekitarnya.

  26. Menjadi kader NU yang berkualitas

D. TARGET MADRASAH

Rencana strategis madrasah yang diharapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal dalam mencapai target madrasah adalah sebagai berikut :

  1. Nilai Ujian mencapai rata-rata lebih dari 7,70

  2. Nilai KKM semua mata pelajaran mencapai rata-rata 71,00

  3. 80% lulusan melanjutkan sekolah 

  4. 90% siswa hafal Juz’amma

  5. 100% siswa bisa Baca Tulis Al Qur’an

  6. 100% siswa santun berbahasa dalam pergaulan

  7. 30% siswa bisa berbahasa inggris

  8. 100% siswa menguasai komputer dan menggunakan internet

  9. 100% siswa mentaati peraturan madrasah 

  10. 100% siswa menerapkan pola hidup bersih

  11. 100% siswa memiliki wawasan lingkungan yang baik

  12. PBM 100 % terlaksana sesuai kalender pendidikan.

  13. Penilaian harian, ujian semester, ujian akhir madrasah, ujian nasional terlaksana 100 % sesuai kalender pendidikan.

  14. KKM tersusun dan tersosialisasi kepada siswa dan orang tua siswa.

  15. Laporan hasil belajar dan pembagian rapor terlaksana sesuai ketentuan.

  16. Dokumen prestasi akademik terdokumentasikan 100% dengan tertib.

  17. Penyusunan perangkat mengajar oleh guru terlaksana 100%.

  18. Kinerja Guru dalam Penyusunan Administrasi KBM dan perangkat Kurikulum K13 100% baik.

  19. Sikap positif guru untuk memajukan madrasah dan prestasi madrasah baik akademis maupun non-akademis 100% baik.

  20. Minat memanfaatkan laboratorium sebagai sumber belajar 100% baik.

  21. Pemanfaatan perpustakaan madrasah sebagai media dan sumber belajar mencapai 100%.

  22. Pemanfaatan masjid di lingkungan madrasah sebagai media pembelajaran mencapai 100%.

  23. Mengembangkan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar oleh pendidik secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.

  24. Mengembangkan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.


BAB III

TUGAS DAN FUNGSI WAKAMAD BIDANG AKADEMIK

A. RUMUSAN UMUM TUGAS DAN FUNGSI

Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan kegiatan Kurikuler dan ekstra kurikuler.

B. URAIAN TUGAS

  1. Menyusun Program kerja tahunan

  2. Mengkoordinasikan Pemasyarakatan dan Pengembangan Kurikulum.

  3. Menyusun Program pengajaran (Mingguan, Bulanan, Semester, Tahunan) dan mengkoordinasikan pelaksanaannya.

  4. Mengkoordinir kegiatan belajar mengajar termasuk pembagian tugas pendidik, jadwal pelajaran, evaluasi belajar dan sebagainya.

  5. Menganalisis ketercapaian target kurikulum dan daya serap.

  6. Mengkoordinasikan persiapan dan pelaksanaan PTS,PAS,PAT UM, AKM

  7. Menyusun kriteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan

  8. Mengarahkan penyusunan Silabus dan RPP

  9. Mengkordinasi penyusunan KKM.

  10. Mengajar 24 jam pelajaran/minggu.

  11. Menyusun laporan berkala dan insidentil tentang kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler.

  12. Mengkoordinir pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.

  13. Mengkoordinir wali kelas dan bimbingan karir.

  14. Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Pokja Akademik madraasah

  15. Mengkoordinir penulisan dan pengembangan mata pelajaran.

  16. Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan mata pelajaran yang telah baku.

  17. Mewakili madrasah dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum

C. BERTANGGUNG JAWAB KEPADA :

  1. Atasan langsung : Kepala Madrasah

  2. Pembina Teknis : Kepala seksi Dikmad Kenebterian Agama Kendal


BAB IV

PROGRAM KERJA BIDANG AKADEMIK

A.   SASARAN MUTU WAKIL KEPALA MADARSAH BIDANG AKADEMIK

Sasaran mutu Wakil Kepala Madarsah Bidang Kurikulum MTs NU 03 Al Hidayah Kendal pada tahun pelajaran 2020/2021adalah :

1.    91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi

2.    91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi ketrampilan sesuai dengan tingkat kompetensi

3.    91% - 100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran

4.   Peserta Didik memiliki ketrampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas, kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberikan tugas membimbing orang lain yang diperoleh dari pengalaman belajar dan kegiatan lain meliputi 1) pelaporan tugas / kegiatan, 2) presentasi hasil penugasan 3) keterlibatan dalam kepanitian, 4) keterlibatan dalam lomba kompetensi siswa

5.   Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai dengan ketentuan, melalui langkah berikut: 

1) diputuskan, 

2) ditetapkan, 

3) disosialisasikan, 

4) disahkan

6.   Peserta Didik mengikuti berbagai ujian : 

1) Ulangan, 

2) Ujian Sekolah, 

3) Ujian Nasional,  

7.   Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan langkah-langkah sebagai berikut : 

1) menetapkan tujuan penilaian, 

2) menyusun kisi-kisi ujian, 

3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian, 

4) melakukan analisis kualitas instrumen, 

5) melaksanakan penilaian, 

6) melaporkan, 

7) memanfaatkan hasil penilaian

 

B.   SASARAN KERJA BIDANG KURIKULUM

Untuk mencapai sasaran Wakil Kepala Madarsah Bidang Kurikulum dan dalam rangka fokus pada ketercapaian tujuan maka pada tahun pelajaran 2022/2023 menetapkan sasaran kerja bidang kurikulum adalah sebagai berikut :

  1. Pemetaan atau pembagian rombongan belajar bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021.

  2. Menyusun Jadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2022/2023

  3. Memastikanperencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum 2013, melalui kegiatan perencanaan, monitoring dan supervisi akademis.

  4. Merencanakan dan melaksanakan penilaian tingkat satuan pendidikan (PH, PTS, PAS, UM, AKM)

  5. Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.

  6. Menyusun dan mereview kembali Standar Operasional Prosedure (SOP) dan atau Juknis yang ada di Bidang Akademik agar diperoleh SOP yang implementatif.

  7. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order Thinking Skill (HOTS) melalui kegiatan bimbingan teknis atau optimalisasi peran MGMP tingkat kabupaten (MKKM MTs NU Kendal maupun KKM MTs ).

  8. Merencanakan dan melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis kurikulum 2013

  9. 100 % Peserta didik kelas IX Tahun Pelajaran 2022/2023 lulus dari MTs NU 03 Al Hidayah Kendal

  10. Meningkatkan kompetensi TIK guru khususnya dalam proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.

  11. Menyusun K13 MTs NU 03 Al Hidayah Kendal Tahun Pelajaran 2022/2023 dan memastikan bahwa dokumen K13 telah ditandatangani Kepala Madrasah ditetapkan oleh ketua komite Madarsah dan disahkan oleh Kepala Kementerian Agama Kabag. Pendidikan Madarsah.

C. PROGRAM UMUM    

  1. Menyiapkan format pembelajaran yang dibutuhkan Guru Mata Pelajaran      

  2. Membantu Kepala Madrasah mengurus kegiatan kurikulum intrakurikuler dan ekstrakurikuler untuk setiap guru bidang studi         

  3. Menyediakan silabus untuk setiap guru bidang studi  


B.  PROGRAM POKOK   

1.  Kegiatan Awal   

  1. Membantu Kepala Madrasah menyusun SK pembagian tugas mengajar guru         

  2. Menyusun jadwal pelajaran     

  3. Membantu Kepala Madrasah membuat SK pembagian tugas bagi tenaga kependidikan       

  4. Membagi/menetapkan kelas sesuai dengan program

  5. Menyiapkan absensi siswa yang dipegang oleh masing-masing guru bidang studi       

  6. Menyiapkan jurnal  kelas          

  7. Menyiapkan absensi masing-masing guru bidang studi

2.  Kagiatan Harian

  1. Membantu Kepala Madrasah mengawasi BKM   

  2. Membntu Kepala Madrasah dalam meningkatkan suasana pembelajaran yang efektif dengan menetapkan disiplin belajar siswa

  3. Membantu guru dalam mengatasi hambatan dalam KBM

  4. Membantu Kepala Madrasah mengawasi kegiatan pendalam materi

3.  Kegiatan Mingguan  

  1. Memberikan laporan kepada Kepala Madrasah tentang pelaksanaan KBM selama satu minggu        

  2. Membantu Kepala Madrasah menyiapkan pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin 

  3. Memberi laporan tentang kegiatan pendalaman materi selama satu minggu         

  4. Mengadakan pertemuan konsulidasi dengan masing-masing wakasek, guru BK dan wali kelas

4.  Kegiatan Bulanan  

  1. Mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan KBM dan ektrakurikuler

  2. Membantu Kepala Madrasah dalam mengevaluasi kegiatan pandalaman materi bulan sebeblumnya       

  3. Mengadakan konsultasi dengan guru mata pelajarandan BK tentang kesulitan belajar dan absensi siswa     

  4. Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan ulangan harian bersama (UHB )         

  5. Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan Midle semester/UTS

5.  Kegiatan Semesteran 

  1. Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan ulangan semesteran

  2. Menyiapkan leger nilai raport semesteran yang bersangkutan

  3. Membantu Kepala Madrasah mengawasi wali kelas dalam mengisi buku raport         

  4. Menghitung target kurikulum dan taraf serap masing-masing kelas pada setiap mata pelajaran      

  5. Membantu Kepala Madrasah dalammengawasi pembagian buku raport

  6. Maembantu Kepala Madrasah dalam menyusun SK pembagian tugas guru semester genap         

  7. Menyiapkan jadwal pelajaran Semester genap

  8. Jurnal kelas semester genap      

  9. Absensi siswa semester genap      

  10. Absensi masing-masing guru bidang studi untuk semester genap

6.  Kegiatan Akhir Tahun 

  1. Membantu Kepala Madrasah dalam penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional   

  2. Mendampingi Kepala Madrasah dalam rapat penentuan kelulusan

  3. Membantu Kepala Madrasah dalam memproses Ijazah dan SKHUN

  4. Membantu Kepala Madrasah dalam pembuatan laporan peneyelenggaraan Ujian

  5. Membantu Kepala Madrasah dalam mengevaluasi kegiatan selama satu tahun


BAB V

PENUTUP


Kami berkeyakinan bahwa setiap kegiatan tanpa perencanaan hasilnya tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami berusaha membuat program rencana setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja Bidang Akademik ini.

Terwujudnya Program Kerja Bidang Akademik MTs NU 03 Al Hidayah Kendal ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan dari Bapak Kepala, Kasi Mapenda, Bapak Pengawas, untuk itu kami haturkan  banyak terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya.

Akhir kata, semoga Program Kerja Bidang Akademik MTs NU 03 Al Hidayah Kendal tahun Pelajaran 2022/2023 yang kami susun ini bermanfaat bagi MTs NU 03 Al Hidayah Kendal pada khususnya dan umumnya bagi madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat ibadah guna menggapai Mardatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat serta jadi tumpuan masyarakat.

Hanya kepada Allah jualah menyerahkan segala urusan


secara lengkap silahkan unduh dibawah

disini

Related Posts :

TERBARU

  Sejarah sumpah pemuda (28 Oktober 2024) Sumpah Pemuda merupakan ikrar kebangsaan yang dirumuskan melalui sebuah putusan Kongres Pemuda K...