AKADEMIK
Bismillahirrohmaanirrohiim

Kendal, Juli 2022
Waka. Bidang Akademik
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dinamika pendidikan di Indonesia dewasa ini mengalami perubahan yang sangat signifikan baik secara akademis maupun teknis penyelenggaraan pendidikan, sehingga para pelaksana pendidikan di tuntut untuk lebih meningkatkan kemampuannya agar tujuan pendidikan baik secara lokal maupun secara global tercapai dengan baik
MTs NU 03 Al Hidayah Kendal merupakan salah satu institusi pemerintah yang secara langsung melayani masyarakat yang membutuhkan di bidang pendidikan. Pelayanan pendidikan senatiasa ingin selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat sehingga keberadaan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
Berbagai macam persoalan dalam dunia pendidikan seperti kurangnya tenaga pengajar baik secara kwalias maupun kuantitas, kurangnya sarana prasana dan banyak lagi komponen-komponen guna terwujudnya dunia pendidikan yang ideal. Namun demikian optimalisasi komponen yang ada dan dimiliki menjadi salah satu jalan keluar yang harus dilakukan oleh setiap komponen pendidikan.
Proses Belajar Mengajar (PBM) merupakan kegiatan pokok dalam dunia pendidikan yang dikelola dan oleh bidang kurikulum dan didukung oleh komponen lain yang tidak bisa terpisahkan. Dengan daya dukung yang dimiliki, MTs NU 03 Al Hidayah Kendal mencoba menyusun program kerja bidang kurikulum untuk tahun pelajaran 2022/2023.
B. DASAR PEMIKIRAN
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Kalender Pendidikann MTs NU 03 Al Hidayah Kendal Tahun Pelajaran 2022/2023
Rapat Tenaga Pendidik dan Kependidikan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal, 12 Juli tahun 2022 tentang pembagian tugas mengajar dan tugas-tugas lain
BAB II
VISI, MISI dan TUJUAN
Undang–Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan Pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan manusia Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan mempunyai budi pekerti yang luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani, dan jasmani, keterampilan dan pengetahuan, dan mempunyai rasa tanggung jawab untuk bangsa dan bermasyarakat.
A. VISI MADRASAH
Visi
Profil madrasah yang diinginkan di masa datang, tertuang melalui tujuan yang ingin dicapai oleh Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal, dengan rumusan visi madrasah sebagai berikut :
“TERWUJUDNYA LULUSAN BERKUALITAS DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”
Indikator Visi :
1. Unggul di bidang Saint dan Teknologi
2. Unggul di bidang agama dan keagamaan
3. Unggul di bidang keyakinan ahlusssunah wal jama’ah Annahdhiyah
4. Unggul di bidang pembiasaan
5. Santun dalam sikap dan perilaku
6. Unggul di bidang Akademik dan non akademik
7. Manajemen madrasah yang efektif dan efisien
8. Maju prasarana dan sarana pendidikan
9. Terwujudnya kuantitas, kualitas dan loyalitas terhadap NU
B. MISI MADRASAH
Untuk mewujudkan visi, Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal merumuskan beberapa misi madrasah sebagai berikut :
Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dibidang Saint dan Teknologi
Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dibidang agama dan keagamaan
Melaksanakan pendidikan, pengajaran aqidah dan amaliah sesuai dengan paham ahlussunahwal jama’ah Annahdliyah
Mengembangkan kegiatan pembiasaan berakhlakul karimah di lingkungan madrasah
Melaksanakan kegiatan Bimbingan untuk mendorong tumbuhnya bakat dan minat siswa
Mewujudkan manajemen madrasah yang efektif untuk menunjang proses pembelajaran
Meingkatkan sarana dan prasana pendidikan
Meningkatkan kemampuan Tenaga Pendidik dan Kependidikan agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang baik
Meningkatkan kuantitas, kualitas dan loyalitas kader NU
C. TUJUAN MADRASAH
Kurikulum MTs NU 03 Al Hidayah Kendal disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidkan di MTs NU 03 Al Hidayah Kendal yang mencakup pengembangan potensi yang ada di lingkungan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis, memelihara budaya daerah, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi iman dan takwa kepada Allah SWT.
Tujuan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal Kecamatan Kendal Kota Kabupaten Kendal adalah sebagai berikut:
Meningkatkan Iman dan Taqwa seluruh warga madrasah;
Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dibidang Sait dan Teknologi
Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dibidang agama dan keagamaan sesuai dengan paham ahlussunahwal jama’ah
Mengembangnya kegiatan pembiasaan berakhlakul karimah di lingkungan madrasah
Menyusun dan mengembangkan RPP kelas 7, 8, dan 9 untuk semua mata pelajaran;
Mengembangkan profesionalisme dan kopetensi tenaga pendidik dan kependidikan;
Mengembangkan strategi pembelajaran;
Mengembangkan bahan dan sumber pelajaran;
Mengembangkan strategi penilaian;
Mengembangkan pola pembelajaran;
Mengembangkan media pembelajaran;
Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan;
Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif;
Mengembangkan standar pencapaian ketuntasan belajar;
Meningkatkan KKM secara proporsional;
Meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademik dan non akademik;
Mengembangkan perangkat administrasi madrasah;
Melaksanakan supervisi dan monitoring oleh kepala madrasah;
Mengembangkan madrasah menuju tercapainya Standar Pelayanan Minimal (SPM);
Menggalang partisipasi masyarakat;
Mengembangkan jaringan informasi akdemik di internal madrasah;
Memberdayakan potensi madrasah dan lingkungan;
Melaksanakan jaringan kerja secara vertikal dan horizontal;
Mengembangkan jalinan kerja dengan penyandang dana;
Menciptakan usaha-usaha di lingkungan madrasah dan sekitarnya.
Menjadi kader NU yang berkualitas
D. TARGET MADRASAH
Rencana strategis madrasah yang diharapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal dalam mencapai target madrasah adalah sebagai berikut :
Nilai Ujian mencapai rata-rata lebih dari 7,70
Nilai KKM semua mata pelajaran mencapai rata-rata 71,00
80% lulusan melanjutkan sekolah
90% siswa hafal Juz’amma
100% siswa bisa Baca Tulis Al Qur’an
100% siswa santun berbahasa dalam pergaulan
30% siswa bisa berbahasa inggris
100% siswa menguasai komputer dan menggunakan internet
100% siswa mentaati peraturan madrasah
100% siswa menerapkan pola hidup bersih
100% siswa memiliki wawasan lingkungan yang baik
PBM 100 % terlaksana sesuai kalender pendidikan.
Penilaian harian, ujian semester, ujian akhir madrasah, ujian nasional terlaksana 100 % sesuai kalender pendidikan.
KKM tersusun dan tersosialisasi kepada siswa dan orang tua siswa.
Laporan hasil belajar dan pembagian rapor terlaksana sesuai ketentuan.
Dokumen prestasi akademik terdokumentasikan 100% dengan tertib.
Penyusunan perangkat mengajar oleh guru terlaksana 100%.
Kinerja Guru dalam Penyusunan Administrasi KBM dan perangkat Kurikulum K13 100% baik.
Sikap positif guru untuk memajukan madrasah dan prestasi madrasah baik akademis maupun non-akademis 100% baik.
Minat memanfaatkan laboratorium sebagai sumber belajar 100% baik.
Pemanfaatan perpustakaan madrasah sebagai media dan sumber belajar mencapai 100%.
Pemanfaatan masjid di lingkungan madrasah sebagai media pembelajaran mencapai 100%.
Mengembangkan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar oleh pendidik secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.
Mengembangkan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.
BAB III
TUGAS DAN FUNGSI WAKAMAD BIDANG AKADEMIK
A. RUMUSAN UMUM TUGAS DAN FUNGSI
Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan kegiatan Kurikuler dan ekstra kurikuler.
B. URAIAN TUGAS
Menyusun Program kerja tahunan
Mengkoordinasikan Pemasyarakatan dan Pengembangan Kurikulum.
Menyusun Program pengajaran (Mingguan, Bulanan, Semester, Tahunan) dan mengkoordinasikan pelaksanaannya.
Mengkoordinir kegiatan belajar mengajar termasuk pembagian tugas pendidik, jadwal pelajaran, evaluasi belajar dan sebagainya.
Menganalisis ketercapaian target kurikulum dan daya serap.
Mengkoordinasikan persiapan dan pelaksanaan PTS,PAS,PAT UM, AKM
Menyusun kriteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan
Mengarahkan penyusunan Silabus dan RPP
Mengkordinasi penyusunan KKM.
Mengajar 24 jam pelajaran/minggu.
Menyusun laporan berkala dan insidentil tentang kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler.
Mengkoordinir pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.
Mengkoordinir wali kelas dan bimbingan karir.
Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Pokja Akademik madraasah
Mengkoordinir penulisan dan pengembangan mata pelajaran.
Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan mata pelajaran yang telah baku.
Mewakili madrasah dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum
C. BERTANGGUNG JAWAB KEPADA :
Atasan langsung : Kepala Madrasah
Pembina Teknis : Kepala seksi Dikmad Kenebterian Agama Kendal
BAB IV
PROGRAM KERJA BIDANG AKADEMIK
A. SASARAN MUTU WAKIL KEPALA MADARSAH BIDANG AKADEMIK
Sasaran mutu Wakil Kepala Madarsah Bidang Kurikulum MTs NU 03 Al Hidayah Kendal pada tahun pelajaran 2020/2021adalah :
1. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi
2. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi ketrampilan sesuai dengan tingkat kompetensi
3. 91% - 100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran
4. Peserta Didik memiliki ketrampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas, kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberikan tugas membimbing orang lain yang diperoleh dari pengalaman belajar dan kegiatan lain meliputi 1) pelaporan tugas / kegiatan, 2) presentasi hasil penugasan 3) keterlibatan dalam kepanitian, 4) keterlibatan dalam lomba kompetensi siswa
5. Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai dengan ketentuan, melalui langkah berikut:
1) diputuskan,
2) ditetapkan,
3) disosialisasikan,
4) disahkan
6. Peserta Didik mengikuti berbagai ujian :
1) Ulangan,
2) Ujian Sekolah,
3) Ujian Nasional,
7. Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1) menetapkan tujuan penilaian,
2) menyusun kisi-kisi ujian,
3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian,
4) melakukan analisis kualitas instrumen,
5) melaksanakan penilaian,
6) melaporkan,
7) memanfaatkan hasil penilaian
B. SASARAN KERJA BIDANG KURIKULUM
Untuk mencapai sasaran Wakil Kepala Madarsah Bidang Kurikulum dan dalam rangka fokus pada ketercapaian tujuan maka pada tahun pelajaran 2022/2023 menetapkan sasaran kerja bidang kurikulum adalah sebagai berikut :
Pemetaan atau pembagian rombongan belajar bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021.
Menyusun Jadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2022/2023
Memastikanperencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum 2013, melalui kegiatan perencanaan, monitoring dan supervisi akademis.
Merencanakan dan melaksanakan penilaian tingkat satuan pendidikan (PH, PTS, PAS, UM, AKM)
Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.
Menyusun dan mereview kembali Standar Operasional Prosedure (SOP) dan atau Juknis yang ada di Bidang Akademik agar diperoleh SOP yang implementatif.
Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order Thinking Skill (HOTS) melalui kegiatan bimbingan teknis atau optimalisasi peran MGMP tingkat kabupaten (MKKM MTs NU Kendal maupun KKM MTs ).
Merencanakan dan melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis kurikulum 2013
100 % Peserta didik kelas IX Tahun Pelajaran 2022/2023 lulus dari MTs NU 03 Al Hidayah Kendal
Meningkatkan kompetensi TIK guru khususnya dalam proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
Menyusun K13 MTs NU 03 Al Hidayah Kendal Tahun Pelajaran 2022/2023 dan memastikan bahwa dokumen K13 telah ditandatangani Kepala Madrasah ditetapkan oleh ketua komite Madarsah dan disahkan oleh Kepala Kementerian Agama Kabag. Pendidikan Madarsah.
C. PROGRAM UMUM
Menyiapkan format pembelajaran yang dibutuhkan Guru Mata Pelajaran
Membantu Kepala Madrasah mengurus kegiatan kurikulum intrakurikuler dan ekstrakurikuler untuk setiap guru bidang studi
Menyediakan silabus untuk setiap guru bidang studi
B. PROGRAM POKOK
1. Kegiatan Awal
Membantu Kepala Madrasah menyusun SK pembagian tugas mengajar guru
Menyusun jadwal pelajaran
Membantu Kepala Madrasah membuat SK pembagian tugas bagi tenaga kependidikan
Membagi/menetapkan kelas sesuai dengan program
Menyiapkan absensi siswa yang dipegang oleh masing-masing guru bidang studi
Menyiapkan jurnal kelas
Menyiapkan absensi masing-masing guru bidang studi
2. Kagiatan Harian
Membantu Kepala Madrasah mengawasi BKM
Membntu Kepala Madrasah dalam meningkatkan suasana pembelajaran yang efektif dengan menetapkan disiplin belajar siswa
Membantu guru dalam mengatasi hambatan dalam KBM
Membantu Kepala Madrasah mengawasi kegiatan pendalam materi
3. Kegiatan Mingguan
Memberikan laporan kepada Kepala Madrasah tentang pelaksanaan KBM selama satu minggu
Membantu Kepala Madrasah menyiapkan pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin
Memberi laporan tentang kegiatan pendalaman materi selama satu minggu
Mengadakan pertemuan konsulidasi dengan masing-masing wakasek, guru BK dan wali kelas
4. Kegiatan Bulanan
Mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan KBM dan ektrakurikuler
Membantu Kepala Madrasah dalam mengevaluasi kegiatan pandalaman materi bulan sebeblumnya
Mengadakan konsultasi dengan guru mata pelajarandan BK tentang kesulitan belajar dan absensi siswa
Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan ulangan harian bersama (UHB )
Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan Midle semester/UTS
5. Kegiatan Semesteran
Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan ulangan semesteran
Menyiapkan leger nilai raport semesteran yang bersangkutan
Membantu Kepala Madrasah mengawasi wali kelas dalam mengisi buku raport
Menghitung target kurikulum dan taraf serap masing-masing kelas pada setiap mata pelajaran
Membantu Kepala Madrasah dalammengawasi pembagian buku raport
Maembantu Kepala Madrasah dalam menyusun SK pembagian tugas guru semester genap
Menyiapkan jadwal pelajaran Semester genap
Jurnal kelas semester genap
Absensi siswa semester genap
Absensi masing-masing guru bidang studi untuk semester genap
6. Kegiatan Akhir Tahun
Membantu Kepala Madrasah dalam penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional
Mendampingi Kepala Madrasah dalam rapat penentuan kelulusan
Membantu Kepala Madrasah dalam memproses Ijazah dan SKHUN
Membantu Kepala Madrasah dalam pembuatan laporan peneyelenggaraan Ujian
Membantu Kepala Madrasah dalam mengevaluasi kegiatan selama satu tahun
BAB V
PENUTUP
Kami berkeyakinan bahwa setiap kegiatan tanpa perencanaan hasilnya tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami berusaha membuat program rencana setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja Bidang Akademik ini.
Terwujudnya Program Kerja Bidang Akademik MTs NU 03 Al Hidayah Kendal ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan dari Bapak Kepala, Kasi Mapenda, Bapak Pengawas, untuk itu kami haturkan banyak terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya.
Akhir kata, semoga Program Kerja Bidang Akademik MTs NU 03 Al Hidayah Kendal tahun Pelajaran 2022/2023 yang kami susun ini bermanfaat bagi MTs NU 03 Al Hidayah Kendal pada khususnya dan umumnya bagi madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat ibadah guna menggapai Mardatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat serta jadi tumpuan masyarakat.
Hanya kepada Allah jualah menyerahkan segala urusan