VISI DAN MISI MADRASAH

VISI MISI DAN  TUJUAN MADRASAH

Undang–Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan Pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan manusia Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan mempunyai budi pekerti yang luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani, dan jasmani, keterampilan dan pengetahuan, dan mempunyai rasa tanggung jawab untuk bangsa dan bermasyarakat.

Visi  Madrasah 

Profil madrasah yang diinginkan di masa datang, tertuang melalui tujuan yang ingin dicapai oleh Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal, dengan rumusan visi madrasah sebagai berikut :

“TERWUJUDNYA LULUSAN BERKUALITAS DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”

Indikator Visi :

  1. Unggul di bidang Saint dan Teknologi 
  2. Unggul di bidang agama dan keagamaan 
  3. Unggul di bidang keyakinan ahlusssunah wal jama’ah Annahdhiyah
  4. Unggul di bidang pembiasaan
  5. Santun dalam sikap dan perilaku
  6. Unggul di bidang Akademik dan non akademik 
  7. Manajemen madrasah yang efektif dan efisien 
  8. Maju prasarana dan sarana pendidikan
  9. Terwujudnya kuantitas, kualitas dan loyalitas terhadap NU

Misi Madrasah

Untuk mewujudkan visi, Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal merumuskan beberapa misi madrasah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dibidang Saint dan Teknologi 
  2. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dibidang agama dan keagamaan 
  3. Melaksanakan pendidikan, pengajaran aqidah dan amaliah sesuai dengan paham ahlussunahwal jama’ah Annahdliyah
  4. Mengembangkan kegiatan pembiasaan berakhlakul karimah di lingkungan madrasah
  5. Melaksanakan kegiatan Bimbingan untuk mendorong tumbuhnya bakat dan minat siswa
  6. Mewujudkan manajemen madrasah yang efektif untuk menunjang proses pembelajaran
  7. Meingkatkan sarana dan prasana pendidikan
  8. Meningkatkan kemampuan Tenaga Pendidik dan Kependidikan agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang baik
  9. Meningkatkan kuantitas, kualitas dan loyalitas kader NU

Tujuan Madrasah

Kurikulum MTs NU 03 Al Hidayah Kendal  disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidkan di MTs NU 03 Al Hidayah Kendal  yang mencakup pengembangan potensi yang ada di lingkungan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal  dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis, memelihara budaya daerah, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi iman dan takwa kepada Allah SWT.

Tujuan MTs NU 03 Al Hidayah Kendal  Kecamatan Kendal Kota Kabupaten  Kendal   adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Iman dan Taqwa seluruh warga madrasah;
  2. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dibidang Sait dan Teknologi 
  3. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dibidang agama dan keagamaan sesuai dengan paham ahlussunahwal jama’ah
  4. Mengembangnya  kegiatan pembiasaan berakhlakul karimah di lingkungan madrasah
  5. Menyusun dan mengembangkan RPP kelas 7, 8, dan 9 untuk semua mata pelajaran;
  6. Mengembangkan profesionalisme dan kopetensi tenaga pendidik dan kependidikan;
  7. Mengembangkan strategi pembelajaran;
  8. Mengembangkan bahan dan sumber pelajaran;
  9. Mengembangkan strategi penilaian;
  10. Mengembangkan pola pembelajaran;
  11. Mengembangkan media pembelajaran;
  12. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan;
  13. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif;
  14. Mengembangkan standar pencapaian ketuntasan belajar;
  15. Meningkatkan KKM secara proporsional;
  16. Meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademik dan non akademik;
  17. Mengembangkan perangkat administrasi madrasah;
  18. Melaksanakan supervisi dan monitoring oleh kepala madrasah;
  19. Mengembangkan madrasah menuju tercapainya Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  20. Menggalang partisipasi masyarakat;
  21. Mengembangkan jaringan informasi akdemik di internal madrasah;
  22. Memberdayakan potensi madrasah dan lingkungan;
  23. Melaksanakan jaringan kerja secara vertikal dan horizontal;
  24. Mengembangkan  jalinan kerja dengan penyandang dana;
  25. Menciptakan usaha-usaha di lingkungan madrasah dan sekitarnya.
  26. Menjadi kader NU yang berkualitas

Target Madrasah

Rencana strategis madrasah yang diharapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 03 Al Hidayah Kendal dalam mencapai target madrasah adalah sebagai berikut :

  1. Nilai Ujian mencapai rata-rata lebih dari 7,70
  2. Nilai KKM semua mata pelajaran mencapai rata-rata 75,00
  3. 80% lulusan melanjutkan sekolah 
  4. 90% siswa hafal Juz’amma
  5. 100% siswa bisa Baca Tulis Al Qur’an
  6. 100% siswa santun berbahasa dalam pergaulan
  7. 30% siswa bisa berbahasa inggris
  8. 100% siswa menguasai komputer dan menggunakan internet
  9. 100% siswa mentaati peraturan madrasah 
  10. 100% siswa menerapkan pola hidup bersih
  11. 100% siswa memiliki wawasan lingkungan yang baik
  12. PBM 100 % terlaksana sesuai kalender pendidikan.
  13. Penilaian harian, ujian semester, ujian akhir madrasah, ujian nasional terlaksana 100 % sesuai kalender pendidikan.
  14. KKM tersusun dan tersosialisasi kepada siswa dan orang tua siswa.
  15. Laporan hasil belajar dan pembagian rapor terlaksana sesuai ketentuan.
  16. Dokumen prestasi akademik terdokumentasikan 100% dengan tertib.
  17. Penyusunan perangkat mengajar oleh guru terlaksana 100%.
  18. Kinerja Guru dalam Penyusunan Administrasi KBM dan perangkat Kurikulum K13 100% baik.
  19. Sikap positif guru untuk memajukan madrasah dan prestasi madrasah baik akademis maupun non-akademis 100% baik.
  20. Minat memanfaatkan laboratorium sebagai sumber belajar 100% baik.
  21. Pemanfaatan perpustakaan madrasah sebagai media dan sumber belajar mencapai 100%.
  22. Pemanfaatan masjid di lingkungan madrasah sebagai media pembelajaran mencapai 100%.
  23. Mengembangkan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar oleh pendidik secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.
  24. Mengembangkan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.



 



Related Posts :

  • TIDAK RANGKING SATU TIDAK RANGKING SATUSetiap orang tua pasti berharap anaknya meraih Rangking TERBAIK di kelasnya.Menjadi budaya setiap sekolah jika seti… Read More...
  • AKADEMIKKATA PENGANTARBismillahirrohmaanirrohiimDengan memanjatkan puji syukur kepada Alloh SWT karena atas rakhmat dan karunia-Nya kami telah dapat… Read More...
  • LATIGHAN SOAL BAB 1 INFORMATIKA 9 1. Anak kecanduan gadget dan malas belajar merupakan dampak negatif teknologi dalam bidang …. pendidikan informasi dan komunikasi s… Read More...
  • PPDB InformasiPendaftaran untuk para calon murid baru MTs NU 03 Al Hidayah Kendal akan dibuka pada tanggal 2 Januari 2023. Pendaftaran akan… Read More...
  • PAGAR NUSASejarah Berdiri dan Para Tokohnya Menurut Ensiklopedia NU, Pagar Nusa bertugas menggali, mengembangkan, dan melestarikan seni bela diri… Read More...

TERBARU

  Sejarah sumpah pemuda (28 Oktober 2024) Sumpah Pemuda merupakan ikrar kebangsaan yang dirumuskan melalui sebuah putusan Kongres Pemuda K...